Analisa Survey Internal Murid Daarul Uluum PUI Majalengka (2/9) | Apakah Sekolah di Daarul Uluum PUI Majalengka mendukung cita-cita Ananda?

0
179

Selanjutnya, pada pertanyaan kedua, Daarul Uluum PUI Majalengka berusaha menggali terkait cita-cita yang dimiliki setiap murid. Dikorelasikan dengan penerapan kurikulum transformatif, murid diminta menganalisis sederhana, apakah kurikulum yang digunakan semester pertama T.A. 2021/2022 kemarin mendukung pada cita-cita murid ataukah tidak. Tentunya hal ini penting dalam konteks Evaluasi Diri Sekolah (EDS), karena bagaimanapun fungsi sekolah adalah menemukan minat (passion) dan bakat (talent) dari setiap murid.

Murid tidak bisa diperlakukan sama, meskipun ada yang harus sama di antara semua murid, yakni ilmu fardhu ‘ain. Namun, bagaimana murid mengekspresikan dirinya dalam menjalani fungsi kemanusiaannya di muka bumi sebagai khalifatun fil ardhi dan menegakkan agama (iqamatuddin), akan sangat optimal jika berbasis apa yang ada dalam dirinya. Data-data ini penting untuk menjadi referensi diskusi sekolah dan orang tua selama proses kerjasama pendidikan.

Dalam survey ini, sengaja tidak ditanyakan nama murid, dengan maksud agar murid dapat bebas dan lepas menyampaikan jawaban-jawaban tanpa ada pengaruh dari siapapun. Berikut terlampir jawaban yang kami terima dari 322 responden. Daarul Uluum PUI Majalengka mencoba membuat kategorisasi atas data yang ada untuk dapat melakukan pemetaan yang tentunya berorientasi penyempurnaan kurikulum yang adaptif di periode berikutnya.

Pertanyaan 02: Apakah Sekolah di Daarul Uluum PUI Majalengka mendukung cita-cita Ananda?

No.KelasTuliskan cita-cita AnandaKeteranganApakah Sekolah di Daarul Uluum PUI Majalengka mendukung cita-cita Ananda?
17Belum PunyaOKOk
27Guruiya
37Dokteriya
47KowadTNI PerempuanAlhamdulillah iya
57Guru AgamaIya
67DokterInsya Allah mendukung
77Doktersepertinya lumayan
87GuruYa
97ChefChef/KokiIya
107PsikologTidak terlalu mendukung
117PolisiIya
127PelukisInsyaallah
137ChefChef/KokiUntuk saa ini belum tahu
147Atlet Volleyiya
157DokterIya, dengan mengikuti ECA PMR 👍🏻
167Pengusaha yang suksesIya
177DokterIya sangat mendukung
187DokterYa
197DosenSedang proses
207PolisiYa
217PengusahaPenerus Usaha Orang TuaIya
227DokterDokter Matatidak terlalu tetapi iya
237PsikologiInsyallah mndukung
247DokterIya
257DokterTidak
267Pengusahapengusaha suksesbelum
277YouTuberPasti ada harusnya karena kita seorang pelajar harus bekerja keras untuk mencapai cita citanya
287PsikologInysaAllah, iya
297Gamer Pro/AnimatorUntuk bidang gaming kurang mendukung, saya sebenarnya ingin ada tournament game antar kelas untuk mengasah skill untuk tournament tournamen besar diluar kota bahkan untuk tournament dunia
307Desaineryaa
317Atlet Sepak BolaInsyaallah mendukung
327Atlet Sepak BolaIya
337Pengusahapengusaha suksesYa
347DokterTidak tahu
357DokterMendukung
367Dokterya , mendukung
377Hafizh 30 JuzMendunkung
387PengusahaHafizh Al-Qur’anya
397GuruMendukung
407PengusahaIyahh
417PsikologIya
427Polwaniyah
437DokterYa
447PolisiTidak karena lebih ke bahasa arab
457Belum Punyaya mendukung
467DokterIya
477Polisiiya
487PengusahaIyah
497TentaraBenar
507Dokterya
517PengusahaMendukung
527PengusahaMendukung
537Atlet Sepak BolaTim NasionalIya, memfasilitasi saya
547Atletiya
557PendakwahUstadzIya
567Ilustratorya
577DokterDokter AnakMudah-mudahan mendukung
587Kesehatan MasyarakatSaya ingin menjadi anak yang berprestasi dan sukses di bidang kesehatanYa
597PengusahaIya sih
607PilotSangat mendukung
617PengusahaIya
627Hafiz Qur’anIya
637Belum PunyaMenjadi orang yg suksesIya
647PendakwahIya
657DokterIya
667DokterYahh
677PolwanSepertinys ia,sebab ikut mondok jadi dilatih untuk mandiri
687TentaraYa karena dengan didikan agama ananda menjaga sifat dan sikap yg lebih baik
697DokterIya
707Dokteriya
717DokterIya
727PolwanIya
737DokterIya
747PendakwahGuru MengajiIya, mendukung
757Dokteriya
767DokterApotekerKurang karena tidak ada motivasi untuk belajar lebih giat dan kurang di perhatikan oleh wali kelas wali kelas kalo ke kelas cuma untuk morojaah doang
777ArsitekIya
787Chefinsya allah
797PolisiMenurut saya kurang mendukung karena di DU ini lebih menoton ke jurusan agama tapi tidak menutup kemungkinan bisa mendukung cita-cita saya
807DokterMendukung
817DokterTidak tahu
828
838FotograferProfesionaya
848Dokterbisa jadi
858PengusahaBisa berkuliah di luar negeri dan jadi pengusaha suksesSedikit mendukung
868PengusahaYa
878Dokteriya
888GuruUstadzIya
898DokterInsyaallah
908Doktermendukung
918DokterBuat cita cita aku blm bisa nentuin cmn buat cadangan kyknya jdi dokter aja tpi klo pengen bgt si jdi artis gitu kyk idol Korea 😅Blm Nemu klo yg berurusan sama nari tpi klo dokter ada cmn aku gk masuk
928Belum PunyaCita cita nya aja blm tau
938ProgrammerInsaalloh
948Atlet Sepak BolaIya
958DokterGuru dan DesainerIya
968DesignerVettidak pasti
978DokterDokter Hewanya
988GuruBahasa ArabTentu
998DokterYa
1008Atlet Sepak BolaFutsalIya
1018PengusahaBakeryYa
1028PengusahaBos BisIya
1038TNITidak terlalu
1048AtletYa
1058Atlet Sepak BolaPendakwahInsyaallah
1068PengusahaYa
1078PengusahaYa
1088PsikologBelum pasti antara psikolog , notaris, sastra Indonesia ,guruYa sangat melatih & mendidik diri untuk kedepannya juga
1098TentaraYaa
1108Pengusahainsyallah iya
1118YouTuberBelum tentu
1128JaksaJaksa/penulis/ilustratortidakk
1138Hafizh 30 JuzYa
1148Sastra Jepangingin menjadi guru les bahasa jepangiya
1158Belum PunyaMungkin
1168PengusahaIya
1178Pengusahaaga mendukung
1188PolisiIya
1198Gamer Pro/Animatoriya
1208PolwanIya
1218Belum Punyaorang suksesya
1228Doktersangat mendukung
1238Atlet Sepak Bolaya
1248DokterDokter AnakYa,mendukung
1258Gamer Pro/AnimatorIya
1268Dokterlumayan
1278PengusahaMendukungg
1288PolwanIya
1298Belum PunyaPaling utama sukses,klau uda sukses bebas mau ngpain jga hheYa insyaAllah
1308Pengusahamenjadi pengusaha hebatiya
1318JaksaKejaksaanKurang
1328PengusahaDosen UniversitasIya, Insyaallah
1338PengusahaIya
1348PolisiLumayan
1358DokterDokter JantungMendukung
1368Dokteriya
1378ChefIya
1388DokterHakimYa
1398PolisiTidak
1408Atlet Sepak BolaAtlet Sepak BolaYa
1418GuruIya
1428TentaraMendukung
1438DokterPolwanMendukung
1448Kesehatan MasyarakatMemperdalam ilmu d bidang kesehatanYa
1458Pengusahamenjadi pengusaha membuka BRAND seperti t-shir,pants,shoes dllyaa lumayan mendungkung dalam ilmu marketing
1468ArsitekKurang mendukung
1478PolisiInssyaallah mendukung
1488Dokteringin menjadi seorang dokter dan org yg sukses dimasa depan nantisangat mendukung bagi saya karna cita cita harus di kejar dan kita harus belajar dengan baik di masa kita mengejar cita cita kita
1498ChefSaya ingin menjadi chefInsyaallah iya
1508DokterIya
1518PolisiIya
1528Gamer Pro/AnimatorKurang sihh
1538DokterIya
1548DokterInshaa allah
1558Kesehatan MasyarakatIngin menjadi tenaga kesehatan atau perawatIya
1568DokterYa
1578DokterYa
1588Pilotmendukung
1598Doktertidak
1608PolisiYa
1618PolisiIyah,sangat mendukung
1628ArsitekTidak
1638DokterBelum mendukung karena masih di tingkat Mts
1648DokterInsyaallah iya
1658DokterDokter/chefmendukung
1669Pengusahapengusaha, hakim, ceomaybe, yes
1679PengusahaGuru/Pengusaha SuksesInsyaallah
1689PolisiYa
1699IlustratorIllustratorTidak terlalu
1709Pengusahawanita berkarirmungkin iya
1719DosenDosen Ilmu Hadits/bahasa ArabIya
1729Arsiteksedikit
1739Dokteriya
1749Belum PunyaMenjadi Orang SuksesIya
1759Doktermungkin ya?
1769DokterKurang mendukung
1779Belum Punya
1789Atlet TaekwondoMenjadi atlet TaekwondoBisa jadi
1799DokterPNSKurang mendukung
1809PenulisPenulis novel (islami)Mungkin
1819dokterkurang mendukung
1829TeknikAlhi teknologiYa
1839Dokterdokter bedah/jantungmungkin iya
1849GuruYa
1859DokterDokter, Illustrator/animatorIya
1869DokterMendukung
1879ITAhli ITSedikit mendukung
1889DokterYa
1899Doktermendukung
1909PengusahaMendukung
1919Doktery
1929Atlet Sepak BolaPemain sepak bolaTidak
1939ITMenjadi pemrogram sistemKurang mendukung
1949Dokteriya
1959Guruguru/perawatya sangat mendukung
1969Diplomat¹Diplomat ²programmer ³desain interiorSemoga
1979Psikologsedikit
1989Pengusahamenjadi pengusaha, atlitfifty fifty
1999PendakwahUlama BesarMendukung
2009PengusahaPengusaha suksesmendukung
2019ApotekerApoteker ( farmasi )Mendukung
2029PolisiPolisi, Sastrawan, ArsitekIya
2039PolisiPolisi/sepak bolaInsyallah
2049PengusahaPengusaha suksesMenurut saya dalam bidang keilmuan sosial dapat mendukung cita cita saya
2059GuruLumayan
2069PolwanIya
2079DokterDokter Spesialis AnakInsyaallah iya
2089Dosendosen/apotekerIya
2099GuruIya
2109Diplomatdiplomat, jaksa, pengacaraseperti nya iya?
2119PengusahaPengusaha suksesIya
2129ChefGatau
2139Administrasi NegaraYang mengatur administrasi negara, dokter.Tentu
2149Belum PunyaPaskibrakaYa
2159TNISedikit
2169DokterIya
2179DokterTentu saja
2189PNSabdi negaramendukung 65%
2199DokterIya
2209ArsitekturHafizh 30 JuzinsyaAllah iya
2219Dokterdokter hewan, psikologbenar
2229Pengusahaya
2239PsikologTour guide! Atau nggak polisi/psikiater. Masih labilSedikit… agak sedih karena gabisa lanjutin ekstrakulikuler
2249Belum PunyaJadi orang suksesMungkin
2259ApotekerSedikit
2269Belum PunyaYa
2279MotivatorPublik speaking,,Iyah insyaallah
2289TentaraTNI ADSangat mendukung
2299PolisiIya
2309Atlet Sepak BolaPemain sepak bola professionalMendukung
2319PengusahaPengusaha suksesMungkin
2329Pengusahaorang sukses banyak uangiyah bisa jadi
2339DokterMungkin
2349Psikiaterspikiater/spikolog atau apotekerkearah tidak, tapi sedikit nya saya mendapatkan pendidikan yang dominan kearah agama yang belum tentu didapatkan jika bersekolah disekolah lain
2359Polwanpolwan/dokterya, dengan adanya pelajaran aqidah dan akhlaq yang insha Allah bisa menjadi pemimpin yang baik dengan mempunyai Akhlaqul Karimah
2369Pengusahapengusaha suksesiya
2379Chefkokikurang
2389BidanIya
2399GuruIya
2409PengusahaPengusaha suksesYa
2419PengacaraPengacara atau ahli apotekerSedikit mendukung
2429PengusahaPengusaha suksesYa
2439Belum Punyablm bisa menetukan. masi labimungkin iya. karena dpt menentukan apa cita cita saya dilihat dari keseharian saya
2449Atlet Sepak BolaPemain bola kalo kesampeanGa terlalu
2459Kepala Sekolahmenjadi kepala sekolahmendukung
2469ArsitekArsitektur,dan dokterIya
2479Pengusahapengusaha,penulisbelum soalnya masih mts
2489Dokterdokter,orang yang sukses aamiinbelum
2499DokterIya
2509DokterDokter hewanSedikit
2519DokterMendukung
2529Guruguru/apotekerinsha allah
2539DokterSepertinnya iya
2549Dokterdokter/pengusahagatau
2559Pengusahainsyaallah
2569InfluencerWirausaha/influencerInsyaallah
2579Pengusahatrader lahenggak sama sekali
2589ChefChef, bisnis women, orng suksesG tau
2599SenimanTidak
2609PsikologSedikit mendukung
2619Pilottidak
26210Belum Punyaorang suksessepertinya
26310Jaksajaksa/penulis/ilustratortidak tau
26410TNITNI-ADCukup Mendukung
26510SenimanMenjadi gitaris dan pemain esportTidak
26610PengusahaMenjadi manajer bisnisTidak
26710Arsitekturya
26810Pengusahabismillah
26910GuruYa
27010GuruIya
27110DesainerIngin menjadi desainer sukses dan menjadi pengusaha makanan ..aamiinTidak tau
27210ApotekerIya
27310Belum Punyasampai saat ini belum ada cita cita yang tetap, tapi saya sangat bercita cita menjadi GM Catur/ MIkurang mendukung 🙏
27410ArsitekturYa
27510DokterYa
27610Belum PunyaTidak
27710Perawatmendukung
27810Dokteriyaa
27910DokterinsyaaAllah, pengen jadi seorang dokterya
28010DokterGa tau
28110Belum Punya😔👍🏻Tidak🙏🏻🤤
28210Gurucita cita saya ingin menjadi guruiya
28310DokterYa
28410PsikologPsikologi,pengusaha,jaksa,pengacara,orang suksesMungkin
28510Dokterbisa jadi
28610PengusahaPengusaha suksesInsyaallah mendukung
28710PengusahaMendkung
28810PenulisInsya allah mendukung
28910Dokterdokter kalo ga guru bahasa indonesia/jepang/inggris kalo ga jadi penulisluamayan
29010GuruIngin menjadi guruYa
29110DokterIyh
29210Pengusahaya
29311MontirMontir/perawatInsyaallah
29411PengusahaPengusaha suksesInsyaallah iya
29511Sastra Inggrisguru bahasa Inggrisya
29611PengusahaPengusaha suksesIya
29711Belum Punyaorang suksesinsha allah
29811DokterSangat mendukung
29911Bidanbidan/perawatinsyaallah
30011ITDeveloper GameMungkin iya, mungkin tidak
30112GuruGuru, Business, Peg. PerdataMendukung
30212PengusahaFounder & CEOInsyaAllah
30312Pengusahapengusaha kulineralhamdulillah mendukung
30412GuruGuru, dosenIya
30512PsikologPsikologi, punya rumah konseling, punya apotek sendiri, punya rumah sakit psikolgi gratis bagi yang tidak mampu(syarat masuk setorkan setidak nya 5 surat di Juz amma, hehe aamiin)insyaallah, karena ada Bu Syifa sebagai psikolog hehe
30612Dokterdokter, guru bahasa InggrisIya mendukung
30712PengusahaPengusaha suksesCukup membantu
30812Guruiya
30912DosenDosen, guru,Iya
31012Belum Punya
31112GuruYa
31212PengusahaIngin menjadi pengusaha sukses yang bisa membuka lapangan pekerjaanYa
31312PengusahaPengusaha suksesKurang mendukung
31412Sastra MandarinJadi Translator Bahasa Mandarin sekaligus CEOBisa dibilang iya, terlebih ketika jenjang saya di kelas 10 dan 11
31512Akuntanakuntan public / pemilik toko dessertiya
31612PengusahaPembisnis,pengusahaIya
31712GuruPegawai kantor, guruYa
31812PengusahaBisnisMendukung
31912DokterMendukung, tetapi hanya sebagian
32012SenimanInsyaallah karna Allah udah menempatkan kita di tempat yang layak kita tempati
32112PsikologPsikologi, atau pemotivasi. Saya ingin menjadi penyemangat bagi yang kurang semangat😊Mendukung
32212Senimanpelukisiyaa

Analisis Daarul Uluum PUI Majalengka

Berdasarkan data-data survey di atas, terdapat 42 profesi yang diinginkan 322 responden sebagai berikut:

No.Cita-cita ProfesiJumlah
1Administrasi Negara1
2Akuntan1
3Apoteker3
4Arsitek8
5Atlet15
6Belum Punya20
7Bidan2
8Chef8
9Desainer/Ilustrator5
10Diplomat2
11Dokter86
12Dosen4
13Fotografer1
14Gamer Pro/Animator4
15Guru22
16Hafiz Al-Qur’an3
17Influencer1
18IT3
19Jaksa3
20Kepala Sekolah1
21Kesehatan Masyarakat3
22Kowad1
23Montir1
24Motivator1
25Pendakwah4
26Pengacara1
27Pengusaha56
28Penulis2
29Perawat1
30Pilot3
31PNS1
32Polisi16
33Polwan7
34Programmer1
35Psikolog12
36Sastra Inggris1
37Sastra Jepang1
38Sastra Mandarin1
39Seniman5
40Teknik1
41Tentara8
42YouTuber2
322

Jika data diurutkan berdasarkan pilihan terbanyak, ternyata 10 (sepuluh) besar cita-cita profesi adalah: 1) Dokter; 2) Pengusaha; 3) Guru; 4) Polisi; 5) Atlet; 6) Psikolog; 7) Arsitek; 8) Chef; 9) Tentara; dan 10) Polwan. Urutannya dapat dilihat, sebagai berikut:

No.Cita-cita ProfesiJumlah
1Dokter86
2Pengusaha56
3Guru22
4Belum Punya20
5Polisi16
6Atlet15
7Psikolog12
8Arsitek8
9Chef8
10Tentara8
11Polwan7
12Desainer/Ilustrator5
13Seniman5
14Dosen4
15Gamer Pro/Animator4
16Pendakwah4
17Apoteker3
18Hafiz Al-Qur’an3
19IT3
20Jaksa3
21Kesehatan Masyarakat3
22Pilot3
23Bidan2
24Diplomat2
25Penulis2
26YouTuber2
27Administrasi Negara1
28Akuntan1
29Fotografer1
30Influencer1
31Kepala Sekolah1
32Kowad1
33Montir1
34Motivator1
35Pengacara1
36Perawat1
37PNS1
38Programmer1
39Sastra Inggris1
40Sastra Jepang1
41Sastra Mandarin1
42Teknik1
322

Terdapat 16 dari 322 responden (5%) menyatakan bahwa kurikulum transformatif yang diterapkan saat ini tidak mendukung cita-cita profesi murid, meskipun ada juga yang beralasan belum mengetahui persis dikarenakan masih di MTs. Selebihnya, sebanyak 95% menyatakan bahwa perubahan kurikulum yang ada sekarang mendukung cita-cita profesi murid. Di antara hal-hal yang tersirat maupun tersurat diinginkan oleh responden yang tidak mendukung adalah:
a. Wali Kelas agar lebih aktif mendampingi murid dalam menemukenali minat dan bakat murid, dan tidak hanya membatasi diri pada muraja’ah hafalan semata;
b. Agar diadakan turnamen-turnamen yang mendukung cita-cita profesi


Di samping itu, penguatan Al-Qur’an dan bahasa Arab di 3 tahun pertama kurikulum saat ini, ternyata masih dipandang sebagai sesuatu yang tidak mendukung cita-cita profesi, bagi segelintir murid.

Di sisi lain, bagi murid yang mendukung, sudah mulai memahami bahwa penguatan aqidah dan ibadah dan pemetaan kurikulum pada cluster, justru lebih mendukung cita-cita profesi murid.

Berdasarkan analisis di atas, maka Daarul Uluum PUI Majalengka akan melakukan beberapa hal berikut ini ke depannya, yakni diantaranya adalah:
1. Melakukan assessment talent mapping bagi seluruh murid baru Daarul Uluum PUI Majalengka;
2. Optimalisasi peran Wali Kelas dalam menemukenali tumbuh kembang minat dan bakat murid;
3. Narasi penguatan ilmu fardhu ‘ain dalam mendukung cita-cita dan profesi murid
4. Penguatan narasi pendidikan 6 (enam) tahun mencakup paket MTs-MA, agar capaian pendidikan sempurna dan agar lulusan MTs semakin tertarik melanjutkan ke MA Daarul Uluum PUI Majalengka
5. Penguatan narasi setiap guru dalam kurikulum transformatif berjalan
6. Penguatan kurikulum ECA (Extra Curriculer) sebagai kurikulum pendukung

Demikian analisis kami untuk menjadi referensi pada kelanjutan tahapan revitalisasi kurikulum berikutnya. Semoga bermanfaat. Masukan konstruktif dan membangun dapat disampaikan kepada Admin Manajemen Mutu Daarul Uluum PUI Majalengka melalui Whatsapp: wa.me/6287726541098.

Bersambung.

https://www.instagram.com/daarululuum1911
🐦 twitter.com/daarululuum1911
🌐 https://daarul-uluum.sch.id

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here