Analisa Survey Internal Murid Daarul Uluum PUI Majalengka (7/9) | Negara mana tujuan studi Anda selanjutnya?

0
139

Selanjutnya, pada pertanyaan ketujuh, Daarul Uluum PUI Majalengka melakukan survey tentang ke negara mana murid lebih tertarik melanjutkan studinya, baik tingkat SMA ataupun kuliah. Pertanyaan ini juga penting bagi DU terkait dengan rencana DU yang ingin membuka program khusus setingkat MA di Mesir, atau Rumah PUI di Kairo, Mesir.

Dalam survey ini, sengaja tidak ditanyakan nama murid, dengan maksud agar murid dapat bebas dan lepas menyampaikan jawaban-jawaban tanpa ada pengaruh dari siapapun. Berikut terlampir jawaban yang kami terima dari 322 responden.

Pertanyaan 07: Negara mana tujuan studi Anda selanjutnya?

Untuk tujuan pertanyaan di atas, Daarul Uluum PUI Majalengka memberikan 3 jenis pertanyaan, yakni:

  1. Apakah Ananda tertarik melanjutkan SMA di Ma’had Al Azhar Asy-Syarif Mesir?
  2. Apakah Ananda tertarik melanjutkan SMA di Turki?
  3. Ke negara mana Ananda tertarik melanjutkan kuliah S1?

Dua pertanyaan awal ditanyakan karena dikorelasikan dengan rencana DU ke depan membangun kerjasama dengan Mesir dan Turki dalam pendidikan Aliyah.

Berikut ini jawaban untuk pertanyaan pertama:

Berikut ini jawaban untuk pertanyaan kedua:

Berikut ini jawaban untuk pertanyaan ketiga:

Analisis DU

Berdasarkan sebaran data yang ada, dapat kita lihat bahwa cukup banyak dari murid baru MTs dan MA yang memiliki ketertarikan untuk melanjutkan studi di Mesir dan Turki. Namun secara umum, terdapat 8 (delapan) negara besar tujuan pendidikan murid untuk melanjutkan program Strata 1 (S1) mereka yakni:

  • Indonesia
  • Mesir
  • Inggris
  • Turki
  • Amerika
  • Jepang
  • Korea
  • Saudi Arabia

Peran Wali Kelas dan seluruh pendidik untuk mengembangkan narasi dan wawasan murid berdasarkan data-data awal ini penting untuk melihat dengan kecocokan minat dan bakat murid. Lebih lanjut DU perlu mempersiapkan bentuk-bentuk kerjasama seperti apa yang bisa dibangun dengan negara-negara tersebut, seperti pertukaran pelajar atau guru. Di sisi lain, murid perlu dipersiapkan mental dan fisiknya, sebagai Muslim dan sebagai Warga Negara Indonesia, agar keberadaan mereka di negara lain, mampu menampilkan keunikan dengan visi dan cara pandangnya yang khas, bahkan bisa mewarnai.

Demikian analisis kami untuk menjadi referensi pada kelanjutan tahapan revitalisasi kurikulum berikutnya. Semoga bermanfaat. Masukan konstruktif dan membangun dapat disampaikan kepada Admin Manajemen Mutu Daarul Uluum PUI Majalengka melalui Whatsapp: wa.me/6287726541098.

Bersambung.

https://www.instagram.com/daarululuum1911
🐦 twitter.com/daarululuum1911
🌐 https://daarul-uluum.sch.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here