Analisa Survey Internal Murid Daarul Uluum PUI Majalengka (1/9) | Kesan Murid Atas Kurikulum Semester Ganjil 2021/2022

0
187

Sebagai bagian dari revitalisasi Perguruan Daarul Uluum PUI Majalengka, dilakukan evaluasi diri sekolah (EDS) kurun waktu 6 (enam) bulan terakhir sejak berjalannya Tahun Ajaran 2021/2022 (Juli-Desember 2021) dengan mulai diimplementasikannya kurikulum transformasi tahap pertama yang berorientasi pada narasi 6 tahun, dengan salah satu targetnya adalah selesainya ilmu fardhu ‘ain sebelum ilmu fardhu kifayah, dikorelasikan dengan kemandirian di era disrupsi yang menjadi tantangan Gen-Z hari ini. Kurikulum transformasi ini menggunakan metode pengadaban yang lebih kreatif dan inovatif. Perubahan dilakukan secara bertahap dengan maksud dan tujuan agar seluruh komponen pendukung internal Daarul Uluum juga dapat melakukan adaptasi secara sistematis dan terukur.

Untuk mengukur capaian sementara dari kurikulum transformasi tahap pertama ini, dilakukan survey internal yang bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh para pihak yang sangat mencintai Daarul Uluum PUI Majalengka. Pada kesempatan ini, kami mencoba melakukan analisis pada pendapat seluruh murid dari berbagai angkatan. Data yang masuk dalam kurun 2 (dua) hari masa survey (04-05 Januari 2022) adalah sebanyak 322 dari total 652 target responden, yang berarti hampir 50% responden. Sebagian tidak mengisi dikarenakan faktor teknologi dan hal-hal teknis lainnya. Jumlah responden ini sudah cukup meningkat signifikan dibandingkan survey-survey sebelumnya yang dilakukan.

Daarul Uluum sudah mulai membiasakan penggunaan teknologi untuk efektifitas dan efisiensi program, termasuk program EDS ini. Sengaja, nama surveyor tidak kami minta, dengan harapan agar murid dapat memberikan datanya secara apa adanya, terbuka, dan tanpa pengaruh siapapun. Mari kita coba simak bagaimana bentuk pertanyaan yang kami ajukan, jawaban murid, dan bagaimana Daarul Uluum melakukan analisis atas data-data yang masuk.

Pertanyaan 01: Bagaimana kesan Ananda atas proses pendidikan di DU dalam Semester Ganjil T.A. 2021/2022 yang baru usai ini?

No.KelasBagaimana kesan Ananda atas proses pendidikan di DU dalam Semester Ganjil T.A. 2021/2022 yang baru usai ini?
17Ok
27senang,kesal,sedih ya semuanya saya rasakan.
37alhamdulillah selama saya sekolah, saya merasa nyaman ketika di sekolah, saya sangat senang karna bisa masuk sekolah Daarul Uluum PUI majalengka, saya berterimakasih kepada guru guru karna telah menyampaikan pelajaran dengan sebaik baiknya, saya sangat nyaman dan senang ketika proses pembelajaran berlangsung
47Alhamdulillah menyenangkan
57Terimaksih sudah mendidik kami dalam satu semester ini
67Menyenangkan
77seru,bersyukur bisa belajar tatap muka meskipun kadang bergantian kafan off kadang on.
87Sangat menyenangkan
97Belajarnya jadi lebih seru,lingkungannya bersih.
107Saya sangat bahagia bisa bersekolah di sini, semua pengajarnya ramah dan penuh dengan kesabaran. Banyak hal yang sudah saya pelajari, selain ilmu yang saya dapat, juga teman yang begitu baik dan ramah.
117Pelajaran nya seru-seru, guru nya baik-baik, trs suka becanda, pokonya seru lah😄
127Bagus, pelajaran nya dapat dimengerti
137Banyak kegiatan
147Menyenangkan
157Sangat senang bisa mendapatkan teman yg banyak dan baik, mendapat guru yg mempunyai karakter yg berbeda dan terbaik, dan belajar lebih baik di Daarul uluum
167Baik
177Baik
187Baik sekali, dengan adanya tatap muka ataupun online
197Kesannya baik
207Biasa saja
217Kesan nya menyenangkan,Seru
227
237Alhamdulillah baik
247senang mendapat nilai yang lumayan bagus dan agar lebih di tingkat kan lagi nilai di semester selanjutnya
257Aga susah di mengerti pljr nya
267
277Sangat senang dan cukup memuaskan
287Alhamdulillah, gurunya kalo ngejelasin seru seru terus juga gampang nempel diotak (kalo offline)
297cukup memuaskan
307sangatt baikk dan kerenn sehingga saya bisa liburan
317Saya sangat bahagia bisa belajar di DU
327Sudah baik dan menarik
337Senang, banyak pengalaman, mendapat banyak ilmu yang bermanfaat, menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya
347Belum terasa perubahan, hanya terlihat sedikit
357Seru,Menambah banyak ilmu,menambah banyak teman
367menyenangkan
377Bersyukur krna bisa menyelesaikan semuanya
387Alhamdulillah,sejak saya sekolah disini saya menjadi lebih disiplin
397Senang,seru
407Selalu baik dalam pembelajaran
417Menyenangkan
427Baik
437Menjadi diri yang lebkh mandiri
447Harus di siplin dan sopan santun
457Kesan saya selama sekolah di DU sangat menyenangkan banyak hal yang tak terlupakan yang saya dapatkan. Sekolah ini telah mengajarkan banyak hal banyak membantu saya untuk menjadi seorang pribadi yang lebih baik.
467Bagus
477seru cuma harus lebih sering tatap muka
487Baikk
497Luar biasa,mengalami peningkatan
507memuaskan
517Menyenangkan dan dapat menambah pengetahuan
527Menyenangkan
537Bagus bisa menjadi lebih produktif
547meyenangkan sekali
557Baik
567senang
577Menyenangkan
587Alhamdulillah saya belajar di Mts DU dan pondok mendapatkan nilai yg baik
597Baik
607Alhamdulillah sangat baik
617Puas
627Baik
637Baik
647Sampai saat ini proses pendidikan di DU sangat baik
657Agak susah pelajaran PKN ips
667Seru , mudah di megerti
677Alhamdulillah bsik
687Ananda mendapatkan ilmu pendidikan yang lebih bermanfaat sehingga alhamdulillah Ananda bisa mengetahui perkembangan ilmu agama yang lebih jauh
697
707bagus
717
727Baik
737Menyenangkan
747Kurang mendukung karena tidak ad buku paket
757mudah dipahami
767Kurang maksimal
777Senang
787tidak ada, semua berjalan dengan lancar , hanya saja maaf bu/pak saya bertanya, seragam nya kenapa di ganti hehehe
797Saya kagum dengan bapak ibu guru yang telah mengajar dan mendidik saya dengan baik
807Baik
817
828Cukup baik
838kurang maksimal karena ada pandemi
848
858Sudah cukup baik dan banyak memberikan kesan baik jika sekolah nya bisa 100% full tatap muka itu akan lebih baik 😁
868Ngga bikin bosen
878baik, menyenangkan, tidak membosankan
888saya sangat berterima kasih kepada guru guru saya,dulunya saya selalu memiliki kesalahan,dan saya jadi belajar dari kesalahannua
898Lumayan memuaskan,tp karna sering daring yang membuat murid malas untuk ikut daring
908sangat memuaskan
918Seru dan menantang. Serunya banyak temen disekolah gk cmn main ke satu temen tpi kesemua (ya walaupun ada masalah), klo menantangnya karna disekolah ini tuh ketat bgt dan banyak peraturan tpi gpp karna aku udah betah disekolah
928Biasa aja
938B aja
948Bagus
958Bagus dan menyenangkan, walaupun tahun ajaran 2021/2022 ini tidak full PTM
968banyak materi yang tidak dimengerti karena pembelajaran online
978menyenangkan
988Bik dan sukses
998Lumayan mudah
1008Sangat ketat
1018Baik
1028TK seru ramee dan mengensankan
1038Memuaskan
1048Senang
1058Baik
1068dapat memahami pelajaran yang sulit, menyenangkan
1078Menarik
1088Seru karena bisa bertemu dengan teman-teman & materi juga dapat lebih mudah untuk dipahami
1098Menyenangkan
1108
1118Baik
1128biasa saja
1138Seru
1148alhamdulillah serasa nyaman+otak tidak terlalu terbebani
1158Biasa aja
1168Mantap
1178senang,bisa bertemu teman dan guru, dan mendapat ilmu baru
1188Alhamdulillah baik
1198bagus
1208Iya suka
1218baik
1228
1238Baik
1248sangat seru
1258Its okey
1268baik
1278Menurut saya sangat
1288Alhamdulillah sangat baik sekali
1298Tidak se efektip skolah tatap muka
1308baik
1318Bagus,mengenyangkan
1328Pembelajaran yang disampaikan menurut saya memang sudah efektif, namun saya juga menyarankan kepada yang terhormat ibu dan bapak guru sekalian untuk bisa lebih sering melakukan komunikasi dan praktek secara langsung dengan murid saat proses pembelajaran berlangsung agar murid-murid lainnya termasuk saya bisa lebih mendalami dalam memahami pembelajaran yang diberikan sekaligus memberikan ruang untuk murid agar bisa berpikir secara kritis dan solutif dalam memahami pembelajaran tersebut sehingga potensial dari mereka masing-masing dapat lebih terasah dengan baik.
1338Baik
1348Baik
1358Alhamdulillah sangat memuaskan
1368sangat baik
1378Baik
1388Sangat baik,menyenangkan
1398Menemukan tekad untuk lebih baik lagi untuk belajar dan membulat kan tekad untuk masuk ranking 10 besar
1408Menambah wawasan
1418
1428Alhamdulillah menyenangkan
1438Aga susah tapi aga susah
1448Baik
1458yaa enak juga sekolah di daarul uluum pui majalengka menambah ilmu agama dan saints
1468Baik sekali
1478Lumayan menyenangkan walaupun siswa rata² pada daring
1488alhamdulilah sangat baik
1498Alhamdulillah baik
1508Alhamdulilah ada peningkatan dari sebelumnya
1518Seru
1528Bagus
1538Sekolah di darrul uluum sangat menarik karena dapat menambah ilmu agama dan sains
1548Cukup menambah ilmu agama dan pengetahuan lainnya
1558Cukup menyenangkan dan bisa menyerap ilmu dengan baik
1568Bagus
1578Bagus
1588Sangat senang
1598
1608Sangat baik
1618Cukup bagus
1628Baik
1638Kurang memuaskan karena DU sangat berubah drastis dari mulai seragam dan nilai KKM yg tadi nya 78 jadi turun drastis jadi 65 mohon tingkat kan lagi KKM dan baju seragam nya dan untuk di ubah kembali ( seperti angkatan kelas 8 & 9 ) menjadi baju seragam yang semula
dan hari bahasa nya harap di tingkatkan kembali dan di harap adakan LKS
Kembali kami butuh LKS terimakasih mohon maaf bila ada kesalahan kata
1648Menyenangkan dan sangat di siplin
1658Alhamdulillah cukup bagus
1669alhamdulillah, tidak ada halangan
1679Sedikit menyenangkan karena bertemu teman²,sedikit tidak menyenangkan karena hafalan
1689Baik
1699Memuaskan, pelajaran mudah dipahami
1709
1719Kesannya cukup sesuai dengan program pelajaran yang di ajarkan pada semester tersebut
1729bagus
1739Lebih baik drpd sebelumnya yg sama sekali tdk PTM
1749Seperti Biasa
1759seru seru aja
1769Kurang menyenangkan
1779Netral
1789Sangat seru
1799Alhamdulillah Berjalan lancar kecuali waktu daring pelajaran kadang kurang dimengerti
1809Alhamdulillah banyak sekali pelajaran yang dapat di ambil dan membuat saya semakin rajin dan sabar.
1819seru, semoga jamkosnya lebih di perbanyak lagi
1829
1839baik
1849Alhamdulillah sangat memuaskan
1859Saya senang karena selama sekolah, dalam semester Ganjil ini, saya dapat mengikuti pelajaran dengan baik
1869Baik
1879Susah,susah gampang
1889Ok
1899sangat bersyukur dan senang sekali bisa sekolah di sekolah prioritas ini,sekolah yang terkenal,dan sekolah yang cukup besar,dan sangat bagus di majalengka
1909baikk
1919lebih seru si karna kls 9 udh bisa tatap muka dr bbrpa bulan kebelakang
1929Menyenangkan bisa belajar di daruul ulum
1939Cukup baik
1949susah sedikit
1959sangat memuaskan
1969lebih baik, efektif dr pada semester sebelumnya
1979
1989bagus
1999kurang efektif
2009
2019Seruuu, ada suka dan dukaa, agak panik dan menantang pas pengumpulan tugasss dan saat ujian
2029Senang dan tenang karena hasil nya memuaskan
2039Sangat baik
2049Kesan saya hanya biasa saja untuk belajar kurikulum tetapi bagus dalam bidang ummi atau Al-Qur’an
2059Asik
2069Sangat baik
2079Sedikit memudahkan karena ada pembelajaran tatap muka, sisanya seperti biasa
2089menyenangkan, sangat menarik
2099Menyenangkan
2109kesan saya bagus, karna dalam kondisi seperti ini tetap berusaha untuk melakukan pembelajaran secara normal dan tetap menjaga protokol kesehatan
2119bagus
2129Cukup senang
2139Kesan saya terhadap proses pembelajaran semester ganjil jd yaitu sangat diluar ekspektasi saya dan mnrt saya Kurang bagus karena pada semester ganjil tadi kami sebagai siswa tdk mendapatkan LKS sedangkan LKS sangat kami butuhkan sekali dan tentunya LKS lebih lengkap dibandingkan modul online. Lalu dri waktu pembelajaran mata pelajaran umum, pada semester ganjil tadi waktu pembelajaran tidak merata sehingga pemahaman kami terhadap materi mapel-mapel umum sangat kurang.
2149Lumayan
2159Biasa saja
2169Cukup baik
2179Dlm proses bljr di DU itu sngt menyenangkan, memang tdk mudah tpi hrs trs bljr biar bisa krna dlu sy pernah dngar kata nya “tidak ada pabrik ngga bisa, klo pngn bisa psti bisa” percaya akan kemampuan diri sndiri itu hrs tpi klo ga percaya diri bgaimna?yaudah hhe ikutin alurnya aja, tpi belajar di sni itu sngt sngt menyenangkan
2189uuuuyy meng menyenangkam
2199Lebih efektif dari pada tahun sebelumnya
2209Kesannya belajar di DU itu menyenangkan
terlebih lagi bisa ketemu sama guru²yg baik² ^^
2219cukup menyenangkan dan banyak perjuangan
2229cukup melelahkan
2239Lumayan seru karena sudah mulai ptm, jadi nggak boros uang karena kuota, dan mama nggak banyak ngomel-ngomel lagi
2249Sangat memuaskan hasilnya
2259Menyenangkan dan agak pusing karena ada daring nya
2269Menyenangkan
2279Saya tertekan😃✌
2289
2299Bagus
2309Cukup menyenangkan
2319Cukup baik
2329ada seneng nya ada sedih nya dan susah susah gampang kebanyakan nya susah hehe
2339
2349untuk proses pembelajaran setiap mata pelajaran mungkin tidak ada yang ingin saya komentari, namun menurut saya sudah cukup baik
2359Alhamdulillah selama saya belajar di sekolah ini menjadikan diri saya lebih baik lagi dari sebelumnya
2369menyenangkan, cukup efektif
2379cukup baik
2389Seru,menarik
2399Bagus
2409Baik
2419Menyenangkan
2429Biasa saja
2439perasaan saya? tentu senangggg. karena untuk anak kelas 9 sudah hampir 100% setiap hari masuk, tidak harus menunggu pergantian jadwal dengan kelas 8 dan 7
2449Biasa aja
2459lebih efektif dari tahun sebelum nya
2469Kesannya sangat baik tapi lebih ditingkatkan lagi proses pembelajaran nya
2479kurang maksimal
2489kurang maksimal soalnya masih ada daring semoga semester genap ini tatap muka semuanya
2499Baik
2509Menyenangkan
2519Bagus
2529😀
2539Pelajarannya Banyak bisa dimengerti ada yg susah dimengerti
2549alhamdulilah bisa mengerjakannya dn lumayan hasil nya memuaskan
2559sangat menyenangkan
2569Mendapatkan teman-teman yg ramah,baik
2579BAGUS
2589Seru but kecewa belajar tiap hri tpi g msuk 10 besar
2599Cukup senang
2609Menurut ana agak sedikit monoton, namun ada sedikit banyaknya kesenangan.
2619
26210baik
26310seperti biasa
26410Cukup Membingungkan
26510
26610
26710asik kalo tatap muka
26810biasa saja
26910Guru-gurunya baik dan cara penyampaian materinya pun asik
27010menyenangkan
27110Pendidikan di du sangat baik dan gurunya juga sangat baik dalam menyampaikan materi pembelajaran nya
27210Asik
27310Pembelajaran nya bagus ,tapi menurut teman” ada yang berpendapat bahwa DU ini terlalu ketat, setiap hari pasti ada saja tugas/PR , saran saya begini contoh IPA terdapat di hari Kamis dan Jum’at, nah dihari Kamis itu bagian materi dan hari Jumat bagian tugas, Makasi
27410Gurunya menjelaskan nya dengan jelas dan dapat di mengerti
27510Sampai saat ini merasa nyaman dan betah bersekolah di Daarul uluum
27610Kesannya masih kurang efektif dalam hal pembelajaran
27710
27810bagus seru
27910menyenangkan
28010kurang menyenangkan
28110Biasa saja
28210cukup menarik karena selama satu semester kemarin bsa mendapatkan byk ilmu
28310Membuat saya menjadi lebih baik seperti kebiasaan yg di terapkan di DU setiap hari murojaah dan sholat dhuha
28410Sejauh ini baik
28510bagus
28610Tidak ada
28710Tidak ada
28810Menjadi lebih paham tentang Agama dan sejarah para khalifah. Dan lebih lancar dalam mengaji.
28910biasa aja
29010Menyenangkan tetapi karena masih dalam keadaan pandemi jadi agak terhambat proses KBM nya.
29110bagus
29210sangat baik dan seru
29311Sangat² bagus
29411Sangat baik
29511
29611Sangat menyenangkan
29711cukup baik
29811Cukup menantang juga karna yg sulit harus du hadapi itu juga menjadi pelajran buat kita bahwa yg sulit harus di hadapi
29911Alhamdulillah lebih baik
30011Lumayan
30112Kurang optimal dikarenakan kurikulumnya cluster jadi guru yang kurang menguasai di bidangnya malah mengajar di bidang lain. I’m sorry
30212Menyenangkan
30312cukup baik
30412Bagus
30512Alhamdulillah bagi saya lumayan berkesan, apalagi ditahun kemarin tepat nya bulan Desember saya dan teman kelas 12 saya yang lain nya pergi melaksakan VOC, dari sana saya sangat banyak belajar dari lingkungan desa disana, anak2 yang tidak terlalu tergantung pada hp, kebun2 yang dijaga dengan baik, warga2 yang ramah, dan lain nya, dengan dia adakan nya program tersebut saya sangat senang bisa berpartisipasi, dan berterimakasih kepada pihak sekolah, bisa membantu dan memfasilitasi kami saat disana
30612
30712Cukup memuaskan
30812Baik
30912Bagus untuk meningkatkan skill
31012Sedih sih dengan pengajaran tahun kemarin saya kurang gereget sampai mengaruh pada nilai rapor sya
31112Saya kagum dengan bapak atau ibu guru yang telah mengajar kami selama ini, karena bapak ibu guru telah memberikan yang terbaik untuk kami dan mampu meningkatkan motivasi kami dalam belajar lebih giat dan selalu bersemangat menghadapi mata pelajaran yang diberikan oleh bapak ibu guru serta memberikan perhatian dan perasaan bapak ibu guru dan membagi pengalaman-pengalaman yang telah bapak ibu guru laluli, dan tentunya bersama kami juga.
31212Bingung soalnya gurunya diganti ganti jadi harus adaptasi lagi
31312Proses pendidikan di Du kurang maksimal apalagi dipondok kekurangan ustdzah dan kurang tempat untuk belajar dan pondok sama sekolah kurang kolaborasi dalam pendidikan anak yang mondok.
31412Kesan saya pembelajaran seperti ini kurang efektif bagi saya pribadi, terlebih dengan adanya perubahan kurikulum yang drastis
31512baik dan bagus
31612Baik
31712Pembelajarannya kurang bisa diterima karena tidak sesuai dengan pilihan jurusan
31812Cukup baik
31912Banyak kemajuan terutama dalam hal metode pembelajaran yang dilakukan di DU, mungkin untuk awal membingungkan tapi lama kelamaan mulai terbiasa dan menjadi kebiasaan
32012Ada kenangan yang GK bisa terlupakan
32112Alhamdulillah lancar, ya walaupun ada tatap muka tapi insyaallah bisa
32212cukup menarik
Jawaban 322 responden atas pertanyaan: “Bagaimana kesan Ananda atas proses pendidikan di DU dalam Semester Ganjil T.A. 2021/2022 yang baru usai ini?

Analisis DU

Selama periode 6 bulan pertama T.A. 2021/2022, pengadaban di DU dilakukan secara daring, dikarenakan izin PTM belum dikeluarkan. DU sebagai sekolah model, bertekad tidak akan menyerah dengan tantangan situasi COVID-19 yang sedang berlangsung yang datang degan iradah Allah SWT. DU akan berusaha semaksimal mungkin beradaptasi dengan perubahan kondisi yang tidak normal ini. Oleh karenanya, pola kurikulum transformasi menggunakan beberapa metode dengan memaksimalkan proses daring via ZOOM. Di antara inisiasi yang dilakukan adalah:
– Waktu PTM dimulai dari pukul 07.00 WIB – 11.45 WIB
– Perubahan jam mati menjadi jam hidup, sehingga seluruh guru dipastikan masuk untuk menunaikan tugasnya
– Pembiasaan adab dan muraja’ah Al-Qur’an tetap berlangsung dipimpin oleh Wali Kelas
– Guru mulai didorong untuk mengembangkan modul dan video pembelajaran pribadi yang akan diorientasikan pada tahapan selanjutya untuk memiliki buku ajar dan atau LKS sendiri

– Waktu setiap cluster dipersingkat dengan teknik kreatifitas bahwa guru telah menugaskan murid untuk melihat video pembelajaran guru satu hari sebelumnya, sehingga pada saat pertemuan yang dipersingkat ini, dioptimalkan untuk pengembangan nalaria dan active learning

Dari 322 responden, terdapat 14 responden (4%) yang merasa belum puas dengan perubahan yang dilakukan, dimana di antara alasan pendukungnya adalah terkait efektifitas pembelajaran, dukungan buku paket dan LKS, baju seragam, dan kolaborasi kurikulum pondok pesantren dan madrasah. Melihat latar belakang waktu dan kendala yang ada, dapat dipahami ketidakpuasan ini, dan akan menjadi catatan penting bagi Daarul Uluum untuk menyempurnakan perubahan yang telah dilakukan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan seluruh stakeholder secara lebih maksimal untuk tujuan bersama pendidikan yang islami.

Berikut ini terlampir skema yang digunakan Daarul Uluum PUI Majalengka dalam metodologi pengadaban yang digunakan dengan kustomisasi khusus COVID-19.

Demikian analisis kami untuk menjadi referensi pada kelanjutan tahapan revitalisasi kurikulum berikutnya. Semoga bermanfaat. Masukan konstruktif dan membangun dapat disampaikan kepada Admin Manajemen Mutu Daarul Uluum PUI Majalengka melalui Whatsapp: wa.me/6287726541098.

Bersambung.

https://www.instagram.com/daarululuum1911
🐦 twitter.com/daarululuum1911
🌐 https://daarul-uluum.sch.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here