Bolehkah Zakat Untuk Keluarga?

0
100

๐Ÿ“š ZAKAT UNTUK KELUARGA

PERTANYAAN
Ustadz Afwan mau bertanya tentang zakat fitrah, misalnya kita mau zakat kepada KK ipar yang dalam kontek kurang mampu, terus kita membayar kan zakat mertua kita sekalian, tetapi mertua kita berada atau tinggal dengan KK ipar kita, bagaimana hukumnya ustadz . Bolehkan seperti itu ? Syukron atas jawabannya .

JAWABAN
Dibolehkan mengeluarkan zakat kepada keluarga yang tidak berada dalam tanggung jawab kita dari sisi nafkah, dalam hal ini seperti Kaka Ipar dan Mertua, dan selama mereka masuk dalam kategori 8 ashnaf (penerima zakat).

Membayarkan zakat mertua juga dibolehkan, setelah berkoordinasi dengan kaka ipar sehingga tidak terjadi dua kali pembayaran zakat fitrah.

Mushtafa Said al-Khin dan Mushtafa al-Bugha dalam Al-Fiqhul Manhaji โ€˜alal Madzhabil Imamis Syafiโ€™i, juz II, hlm. 42, mengatakan:

ูˆุฅุฐุง ูƒุงู† ู„ู„ู…ุงู„ูƒ ุงู„ุฐูŠ ูˆุฌุจุช ููŠ ู…ุงู„ู‡ ุงู„ุฒูƒุงุฉ ุฃู‚ุงุฑุจ ู„ุง ุชุฌุจ ุนู„ูŠู‡ ู†ูู‚ุชู‡ู… ุŒ ูƒุงู„ุฃุฎูˆุฉ ูˆุงู„ุฃุฎูˆุงุช ูˆุงู„ุฃุนู…ุงู… ูˆุงู„ุนู…ุงุช ูˆุงู„ุฃุฎูˆุงู„ ูˆุงู„ุฎุงู„ุงุช ูˆุฃุจู†ุงุฆู‡ู… ูˆุบูŠุฑู‡ู…ุŒ ูˆูƒุงู†ูˆุง ูู‚ุฑุงุก ุฃูˆ ู…ุณุงูƒูŠู†ุŒ ุฃูˆ ุบูŠุฑู‡ู… ู…ู† ุฃุตู†ุงู ุงู„ู…ุณุชุญู‚ูŠู† ู„ู„ุฒูƒุงุฉุŒ ุฌุงุฒ ุตุฑู ุงู„ุฒูƒุงุฉ ุฅู„ูŠู‡ู…ุŒ ูˆูƒุงู†ูˆุง ู‡ู… ุฃูˆู„ู‰ ู…ู† ุบูŠุฑู‡ู…

Jika pemilik harta yang wajib zakat memiliki kerabat yang tidak wajib baginya untuk menafkahi mereka, seperti saudara laki-laki, saudara perempuan, paman dari jalur ayah, bibi dari jalur ayah, paman dari jalur ibu, bibi dari jalur ibu, anak-anak mereka dan kerabat lainnya, keadaan kerabat tersebut fakir atau miskin, atau memiliki sifat lain dari golongan orang-orang yang wajib zakat, maka boleh membagikan zakat kepada mereka, bahkan para kerabat ini lebih berhak dari orang lain.

Wallahu a’lam.

Dr. Wido Supraha, M.Si.
(Ketua BP Daarul Uluum PUI Majalengka | Wakil Ketua Komisi Penelitian dan Pengkajian MUI Pusat)

๐Ÿ“ž Pertanyaan seputar Aqidah, Ibadah dan Akhlak dapat disampaikan kepada Admin DU: wa.me/6287726541098

Yuk Bersama Berwakaf Masjid Pusaka Putri di bulan Ramadhan ini. Wakaf dapat melalui transfer ke nomor rekening:
โ€ข BSI: 7176948277 a.n. Panitia Pembangunan Masjid Pusaka Putri

Bukti transfer bisa dikirim melalui: 087726541098 | https://wa.me/6287726541098
Kami akan kirimkan surat dan lembar kwitansi penerimaannya kepada sahabat.

โญ• https://www.instagram.com/daarululuum1911/
๐Ÿฆ https://twitter.com/daarululuum1911
๐ŸŒ https://daarul-uluum.sch.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here