DRAMA BASA SUNDA KELAS XII

0
174

https://daarul-uluum.sch.id Indonesia memiliki beragam suku, bahasa dan budaya. Setiap suku memiliki bahasa yang berbeda. Salah satunya suku Sunda yang menggunakan bahasa Sunda dalam berkomunikasi sehari-hari.  Setiap daerah memiliki sejarah, budaya dan cerita rakyat masing-masing. Budaya daerah harus tetap terjaga agar bangsa tidak kehilangan jatidirinya.

Belajar Basa Sunda sangat berkaitan erat dengan dongeng dan sejarah suku Sunda. Mulai dari dongeng untuk anak sampai sejarah kerajaan yang memerlukan sebuah pengamatan dan renungan. “Sasakala” adalah cerita asal usul sebuah daerah atau tempat yang pada awalnya tidak tertulis. Cerita asal usul ini sering sekali dijadikan sebuah drama. Baik dalam sebuah acara pentas seni maupun dalam pembelajaran bahasa di ruang kelas.

Ujian Praktik Basa Sunda kelas XII Daarul Uluum PUI Majalengka dikemas dalam bentuk Drama. Seluruh murid diwajibkan memainkan peran tokoh dalam drama. Walaupun dengan persiapan yang singkat drama berjalan dengan lancar. Hasil latihan serius mereka tidak sia-sia. Ditonton puluhan murid dari kelas yang lain drama berlangsung meriah. Penilaian Ujian Praktik Basa Sunda dengan bermain peran dilaksanakan saat berlangsung drama.

Baca Juga : Program Unggulan Keterampilan Kecantikan MA Daarul Uluum PUI Majalengka

Drama yang dipentaskan berjudul “Sasakala Talagawarna”. Dimana asal usul nama Talagawarna berasal dari kejadian di sebuah kerajaan tataran Sunda. Putri kerajaan yang sangat manja dan segala keinginannya harus dipenuhi berulang tahun. Pada ulang tahunnya dia mengajukan sebuah permintaan kepada Sang Raja, yaitu sebuah pakaian yang berhiaskan intan permata yang berwarna-warni. Namun raja hanya mengabulkan sebuah kalung berlian. Sang putri pun kecewa, marah dan dilemparkan kalung itu pada sang ayah. Seluruh rakyat kerajaan yang menyaksikan acara ulang tahun bersedih dan menangis terus-menerus, sampai air mata mereka menenggelamkan seluruh kerajaan dan menjadi sebuah telaga yang airnya berwarna-warni. Konon warna-warni yang muncul pada air telaga itu berasal dari perhiasan yang dilemparkan Sang Putri.  (Humas DU, 2023)    

Baca Juga : Hukum Menggunakan Kateter Saat Shalat

Informasi PPDB

Info Pendaftaran

  • Ustdz Argo 089506669771
  • Ustdz Fikri 082210143134

Follow @daarululuum1911

#daarululuummjlk#pondokpesantren#pesantren#santri#sekolahmjl#pui#abdulhalim#ppdbdu#ppdb