Kuliah I’tikaf Malam ke-26 | 4 Langkah Menuju Ketakwaan | Al Ustadz Eka Herdiana

0
82

4 Langkah Menuju Ketaqwaan
Al-Ustadz Eka Herdiana
Ketua DPP PUI Bidang Dakwah, Rekrutmen dan Pembinaan Anggota

Assalaamu ‘alaikum warahmatullah wa barakaatuh.

Nikmat yg luar biasa dan sangat besar adalah dikaruniakan kepada kita adalah nikmat iman dan islam sehingga kita tetap istiqamah di dalam amaliyah ibadah kepada Allah SWT. Pada amal itikaf ini adalah upaya kita untuk bersungguh-sungguh mengoptimalkan sarana yang Allah karuniakan kepada kita yaitu menjemput lailatul qadar.

Beberapa hari lagi bulan Agung Ramadhan akan meninggalkan kita, sudahkan kita introspeksi akan tujuan dari ibadah puasa yaitu mencapai derajat taqwa. Ciri-ciri menggapai derajat sebagai orang-orang bertakwa (muttaqin) adalah ;

1. Mu’ahadah
Ia selalu mengingat perjanjian dengan Allah bahwa manusia adalah hamba Allah untuk menjadikan Allah adalah tujuan hidup. Allah berfirman dalam surat Al-A’raf [7] ayat 172:

وَاِذْ اَخَذَ رَبُّكَ مِنْۢ بَنِيْٓ اٰدَمَ مِنْ ظُهُوْرِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَاَشْهَدَهُمْ عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْۚ اَلَسْتُ بِرَبِّكُمْۗ قَالُوْا بَلٰىۛ شَهِدْنَا ۛاَنْ تَقُوْلُوْا يَوْمَ الْقِيٰمَةِ اِنَّا كُنَّا عَنْ هٰذَا غٰفِلِيْنَۙ

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya berfirman), “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab, “Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi.” (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari Kiamat kamu tidak mengatakan, “Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini.”

Maka semboyan hidup kita adalah Allahu Ghayatuna, Allah Tujuan Akhir, sudah tidak ada lagi tujuan lain.

Untuk mencapai Allah maka harus menjalankan ikhlas mabdauna (dasar amaliyah), dan dalam perjalanannya dengan berbagai ujian harus melakukan perbaikan atau islahu sabiluna. Rasul SAW menggambarkan istiqamah dengan garis lurus di atas pasir dan garis melenceng akan membawa jauh dari keistiqomahan maka harus diluruskan dengan mahabbah syiaruna (kasih sayang)

2. Muhasabah

Di dalam Al-Qur’an surat Al-Hasyr [59] ayat 18 Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

Di ayat tersebut Allah mengulang dua kali kalimat “bertaqwalah kalian”, yang mengandung makna bahwa yang pertama perintah untuk bertaqwa dan yg ke dua sebagai mutabaah akan ketaqwaan. Taqwa yang bermakna:

Al-khafu min al-jalil, yaitu takut kepada Allah sehingga ia menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala yang di larang oleh Allah
Arridha bi al-qalil, dia selalu ridho dengan apa yang sudah menjadi ketetapan Allah
Isti’dadu liyaumi ar-rahil, dia akan senantiasa mempersiapkan diri untuk masa kematiannya.

Oleh karena itu seorang muttaqin akan berupaya mengevaluasi rasa takutnya, kepada Allah. Muhasabah mengevaluasi ketaqwaannya. Muhasabah mengevaluasi interaksi dengan Al-Qur’an wa As-Sunnah, apakah amalan kita sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

3. Muraqabah
Seorang yang bertaqwa akan senantiasa merasa selalu diawasi oleh Allah SWT.

4. Mujahadah
Bismillah irrahmani rahim WA lahaula wala quwata illa Billah..
Dalam melakukan amal maka perlu bersungguh-sungguh dan bersegara karena kita harus hati-hati dengan perangkat Iblis yaitu menunda-nunda amal kebaikan.

Kalau ada lintasan kebaikan maka harus segera ambil dan laksanakan karena kalau tidak diambil maka akan tergantikan dengan amalan Kemaksiatan..

Lillah – Niat karena Allah
Billah – Sesuai dengan aturan allah
Illallah – Hanya mencari ridho allah

Masjid Pusaka, 25 Ramadhan 1443 H

Disarikan oleh Al Ustadz Andi Suhandi, S.Si., M.Pd.I.

 https://www.instagram.com/p/CaJZIOKr3ja/
🐦 twitter.com/daarululuum1911
🌐 https://daarul-uluum.sch.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here