Musyawarah Bersama Masyarakat Tentang Sanitasi Lingkungan

0
139

Bertempat di ruang guru Daarul Uluum PUI Majalengka, telah dilaksanakan Musyawarah antara Daarul Uluum dan Pimpinan Lingkungan atau Tokoh Masyarakat pada malam ini, 07 Juni 2022, pukul 19.30 WIB. Musyawarah ini membahas terkait sanitasi lingkungan dan pemanfaatan lingkungan sungai dengan penanaman ikan.

Pada musyawarah malam ini dihadiri oleh:

  1. Sumarjoto (Ketua DKM)
  2. Ucup A. Latief (Ketua RW 30)
  3. Awab Saefullah (Mudir PPDU)
  4. Andi Suhandi (Wakil Mudir PPDU)
  5. Imron Ardiansyah (Musyrif)
  6. Izhar Humam Ibrahim (Musyrif)
  7. Zaenal Muhtadin (Musyrif)
  8. Syafei (Pengurus Masjid)
  9. Ena Sena (Ketua RT 01)
  10. Syarif Wardin (Ketua RT 03)
  11. Tegar Subangkit (Karang Taruna)
  12. Nurhasan (Pengurus Pondok)
  13. Sumatwoto (Ketua RT 05)

Pada musyawarah malam ini, masing-masing peserta mengeluarkan gagasan terbaiknya untuk kepentingan bersama. Bapak RW 06, misalkan, akan segera bertemu dengan semua RT dan Karang Taruna untuk mengangkat gagasan ini. Sebagaimana diketahui bahwa di sekitar Citangkurak masih banyak yang membuang kotoran. Pengelolaan pengairan ini harus berkoordinasi dengan pihak PSDA terkait, dan agar aliran air dapat lancar setiap seminggu sekali. Lebih lanjut menurut Bapak RW 06, bahwa penanggulangan sampah saat ini sudah mulai berkurang. Tantangan berikutnya juga bahwa secara fisik sebagian waduk blm ada senderan. Beliau juga akan mensosialisasikan kepada RW 07 perihal pembuangan.

Selanjutnya dari Bapak RT 01, terlebih dahulu akan meninjau ke lokasi untuk menganalisa sikon di lapangan, dan mengusulkan bentuk penataan yang harus didahulukan.

Bapak RW 05 memberikan masukannya bahwa atas gagasan ini dibutuhkan tenaga ahli dengan pola akselerasi antara ikan dan waduk. Tantangan yang akan dihadapi adalah menumpuknya dam dan jika hujan cukup besar tentu akan merusak tatanan kolam.

Atas beberapa pandangan di atas, Mudir Pondok Pesantren Daarul Uluum PUI Majalengka, Kyai Awwab Saefullah, Lc., mengusulkan kolaborasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait untuk membahas hasil identifikasi dari kendala-kendala yang akan terjadi dan menindaklanjuti solusinya. Penting juga untuk mensosialisasikan ke masyarakat terkait pembuangan di saluran waduk ini.

Mewakili Badan Penyelenggara Daarul Uluum PUI Majalengka sekaligus selaku Ketua DKM Pusaka, Bapak Haji Sumarjoto mengusulkan agar tim ini segera membentuk Satgas dan berkoordinasi dengan PSDA serta membuat perencanaan ke depan.

Pada pertemuan ini disepakati bahwa tim diketuai oleh Bapak Ucup Abdul Latif selaku Ketua RW 06, dengan anggota adalah seluruh yang hadir pada rapat kali ini.

Atas kebersamaannya kami ucapkan jazakumullahu khairan.

https://www.instagram.com/daarululuum1911
🐦 https://twitter.com/daarululuum1911
🌐 https://daarul-uluum.sch.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here