Qadha Hutang Puasa Ramadhan

0
85

โ™พ๏ธ https://daarul-uluum.sch.id/progress-pembangunan-masjid-pusaka-putri-daarul-uluum-pui-majalengka/

๐Ÿ“š QADHA HUTANG PUASA RAMADHAN

PERTANYAAN
Bismillahirrahmaanirrahiim. Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarakatuh.
Ustadz, izin bertanya, istri ana yang punya hutang puasa tahun lalu, sampai Ramadhan tahun ini belum selesai mengqodho, dan Qodarullah istri hamil lagi padahal tinggal 9 hari lagi.
Pertanyaannya. Hutang puasa 9 hari itu apakah bayar fidyah atau mengQodho setelah ramadhan ini?
+62897***

JAWABAN
Bismillah.
Secara umum, setiap hari dari puasa yang ditinggalkan tetap wajib di-qadha dengan segera selama seseorang itu masih hidup. Adapun terkait mengeluarkan fidyah, maka mayoritas ulama berpendapat keharusan mengeluarkan fidyah ini bagi seseorang yang belum sempat meng-qadha puasanya hingga bertemu kembali bulan Ramadhan berikutnya. Di antara pendapat yang dapat dirujuk dalam hal ini adalah Ibn Abd al-Barr al-Maliki (w. 463 H) dalam Al-Kafi fi Fiqhi Ahlil Madinah, an-Nawawi asy-Syafi’i (w. 676 H) dalam Raudhatu At-Thalibin wa Umdatu Al-Muftiyyin – Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab, Ibn Qudamah (w. 620 H) dalam Al-Mughni, dan al-Mardawi (w. 885 H) dalam Al-Inshaf fi Ma’rifati ar-Rajih min al-Khilaf.

Berkata Imam asy-Syaukani (1759-1834 M) dalam Nail al-Authar (4/278):

ูˆู‚ูˆู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: โ€œูˆูŠุทุนู… ูƒู„ ูŠูˆู… ู…ุณูƒูŠู†ู‹ุงโ€: ุงุณุชุฏู„ ุจู‡ ูˆุจู…ุง ูˆุฑุฏ ููŠ ู…ุนู†ุงู‡ ู…ูŽู† ู‚ุงู„: ุจุฃู†ู‡ุง ุชู„ุฒู… ุงู„ูุฏูŠุฉ ู…ู† ู„ู… ูŠุตู… ู…ุง ูุงุช ุนู„ูŠู‡ ููŠ ุฑู…ุถุงู† ุญุชู‰ ุญุงู„ ุนู„ูŠู‡ ุฑู…ุถุงู† ุขุฎุฑุŒ ูˆู‡ู… ุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑุŒ ูˆุฑููˆูŠ ุนู† ุฌู…ุงุนุฉ ู…ู† ุงู„ุตุญุงุจุฉุ› ู…ู†ู‡ู…: ุงุจู† ุนู…ุฑุŒ ูˆุงุจู† ุนุจุงุณุŒ ูˆุฃุจูˆ ู‡ุฑูŠุฑุฉ. ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุทุญุงูˆูŠ ุนู† ูŠุญูŠู‰ ุจู† ุฃูƒุซู… ู‚ุงู„: ูˆุฌุฏุชู‡ ุนู† ุณุชุฉ ู…ู† ุงู„ุตุญุงุจุฉุŒ ู„ุง ุฃุนู„ู… ู„ู‡ู… ู…ุฎุงู„ูู‹ุง

Perkataan Nabi SAW, โ€œDan dia mengeluarkan fidyah untuk setiap hari yang ditinggalkan dengan memberi makan orang miskinโ€, maka berdalil dengan hadits ini dan hadits semisalnya, ulama yang berpendapat bahwa wajib membayar fidyah bagi orang yang belum mengqadha puasa Ramadhan, hingga masuk Ramadhan berikutnya. Dan ini adalah pendapat mayoritas ulama, dan pendapat yang diriwayatkan dari beberapa sahabat, diantaranya Ibn ‘Umar, Ibn ‘Abbas, dan Abu Hurairah r.a. Berkata ath-Thahawi:

ูˆุฌุฏุชู‡ ุนู† ุณุชุฉ ู…ู† ุงู„ุตุญุงุจุฉุŒ ู„ุง ุฃุนู„ู… ู„ู‡ู… ู…ุฎุงู„ูู‹ุง
Aku jumpai pendapat ini dari 6 sahabat, dan aku tidak mengetahui adanya sahabat lain yang mengingkarinya.

Adapun sebagian ulama berpandangan tidak wajib membayar fidyah, seperti pendapat An-Nakha’i, Abu Hanifah, dengan berdalil Surat Al-Baqarah [2] ayat 184. Begitu juga ulama Hanafiyah lainnya seperti al-Kasani (w. 587 H) dalam karyanya Badai’ Ash-Shanai’ fi Tartibi As-Syarai’, Ibn al-Humam (w. 681 H) dalam Fathul Qadir, dan az-Zaila’i dalam Tabyin Al-Haqaiq Syarh Kanzu Ad-Daqaiq.

Wallaahu a’lam. (@supraha)

Dr. Wido Supraha, M.Si.
(Ketua BP Daarul Uluum PUI Majalengka | Wakil Ketua Komisi Penelitian dan Pengkajian MUI Pusat)

๐Ÿ“ž Pertanyaan seputar Aqidah, Ibadah dan Akhlak dapat disampaikan kepada Admin DU: https://wa.me/6287726541098

Yuk Bersama Berwakaf Masjid Pusaka Putri di bulan Ramadhan ini. Wakaf dapat melalui transfer ke nomor rekening:
โ€ข BSI: 7176948277 a.n. Panitia Pembangunan Masjid Pusaka Putri

Bukti transfer bisa dikirim melalui: 087726541098 | https://wa.me/6287726541098
Kami akan kirimkan surat dan lembar kwitansi penerimaannya kepada sahabat.

โญ• https://www.instagram.com/daarululuum1911/
๐Ÿฆ https://twitter.com/daarululuum1911
๐ŸŒ https://daarul-uluum.sch.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here