SAMBUTAN KETUA BADAN PENYELENGGARA
DALAM ACARA WISUDA PROGRAM AKSELERASI TAHFIZH 30 JUZ
PONDOK PESANTREN DAARUL ULUUM PUI MAJALENGKA
KAMIS, 24 PEBRUARI 2022 DI BAPERMIN, MAJALENGKA

Bismillaahirrahmaanirrahiim,
Yang kami muliakan, Ayah Bunda Wali Murid Santriwati
Yang kami muliakan, Mudir Pondok Pesantren, KH. Awwab Saefullah, Lc. beserta seluruh Musyrif dan Musyrifah
Yang kami cintai, Ketua Umum DPP Persatuan Ummat Islam, KH. Nurhasan Zaidi
Yang kami hormati, Ketua DPD Persatuan Ummat Islam Majalengka, KH. Asep Zaki
Yang kami hormati, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama di Majalengka, H. Abu Mansyur, M.Pd.I.
Yang kami banggakan, 16 orang santriwati dari Pondok Pesantren Daarul Uluum PUI Majalengka

Assalamu ‘alaikum warahmatullah wa barakatuh,

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ هَدٰىنَا لِهٰذَاۗ وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَآ اَنْ هَدٰىنَا اللّٰهُ ۚ
اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ
اللهُ غَايَتُنَا وَاْلإِخْلاَصُ مَبْدَئُوْنَا وَاْلإصْلاَحُ سَبِيْلُنَا وَالْمَحَبَّةُ شِعَارُنَا

Hari ini, Kamis, 23 Rajab 1443 H, adalah hari bersejarah bagi Majalengka dan Persatuan Ummat Islam (PUI). Untuk pertama kalinya, Daarul Uluum PUI Majalengka sejak diinisiasi keberadaannya oleh Kyai Abdul Halim sekembalinya beliau ke tanah air tahun 1911, berhasil meluluskan 16 orang santriwatinya yang selama 4 (empat) bulan terakhir mengikuti Batch I Program Akselerasi Penghafalan Al-Qur’an 30 Juz dengan penuh keikhlasan, kesabaran dan kebersamaan.

Ada kebahagiaan sejati di balik setiap kelelahan dan kesabaran. Seorang penghafal Al-Qur’an dalam pandangan hidup Islam, selalu didahulukan menjadi imam shalat berjama’ah, didahulukan dalam memimpin wilayah, hingga didahulukan dalam pemakaman jenazah. Kelak, para penghafal Al-Qur’an, insya Allah, ditemani Malaikat, mendapatkan kedudukan jauh lebih tinggi di Jannah, dimohonkan syafa’at, diberikan mahkota dan pakaian kemuliaan, pun orang tuanya diberikan mahkota cahaya kelak.

Al-Qur’an adalah sumber adab, sebagaimana pesan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam riwayat ad-Darimi nomor 3173:

إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ مَأْدُبَةُ اللَّهِ فَخُذُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ
Sesungguhnya Al-Quran ini adalah jamuan adab dari Allah (ma’dubatullah), maka ambillah darinya semampu kalian

Maka, bersama hafalnya Al-Qur’an, semoga memudahkan Ananda menjadi sosok manusia yang beradab dan berakhlak, sebagaimana akhlak Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam disebutkan dalam Surat Al-Qalam [68] ayat 4:

وَاِنَّكَ لَعَلٰى خُلُقٍ عَظِيْمٍ
Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti luhur.

Tidaklah akan tegak kembali peradaban, tanpa ditegakkan oleh generasi dengan standar kemanusiaan yang adil dan beradab sebagaimana amanat sila kedua Pancasila. Dalam desain pendidikan madrasah 6 (enam) tahun yang kami rencanakan di Daarul Uluum PUI Majalengka, menjadi seorang penghafal Al-Qur’an dengan Adab dan Iman akan menjadi capaian awal pendidikan, sebagaimana Jundub bin ‘Abdillah radhiyallaahu Ta’ala ‘anhu membagi masa kecilnya:

كُنَّا مَعَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- وَنَحْنُ فِتْيَانٌ حَزَاوِرَةٌ فَتَعَلَّمْنَا الإِيمَانَ قَبْلَ أَنْ نَتَعَلَّمَ الْقُرْآنَ ثُمَّ تَعَلَّمْنَا الْقُرْآنَ فَازْدَدْنَا بِهِ إِيمَانًا
Kami dahulu bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam saat kami masih anak-anak yang mendekati baligh. Kami belajar iman sebelum belajar Al-Qur’an. Lalu setelah itu kami mempelajari Al-Qur’an hingga bertambahlah iman kami pada Al-Qur’an.
(HR. Ibnu Majah no. 61)

Setelah ini, Ananda akan melalui program peningkatan kapasitas soft-skill dan hard-skill selanjutnya, melalui program penerjemahan Al-Qur’an, program pembacaan kitab, program bahasa Arab dan Inggris intensif, program keterampilan dan literasi Digital Abad ke-21, dan program lainnya yang akan mendorong lahirnya sosok ulama yang saintis dan saintis yang ulama.

Generasi beradab dalam desain Daarul Uluum PUI Majalengka adalah generasi yang cerdas akalnya, bersih jiwanya dan kuat jasadnya. Dengan pola pendidikan active learning, kita bukanlah mengajar murid, melainkan membelajarkan murid. Sungguh, menjadi khalifatun fil ardhi membutuhkan pribadi Muslim berkapasitas unggul.

Kepada para Wisudawati Batch I Program Akselerasi Tahfizh 30 Juz, jangan pernah padamkan semangatmu dalam menuntut ilmu. Ini baru awal dari perjalanan panjangmu dalam lautan luas ilmu. Tugas kami menemukan dan mengembangkan minat, bakat dan passion yang ada dalam dirimu. Hari ini engkau telah menyetorkan 30 juz Al-Qur’an, lanjutkanlah dengan menjadikan hafalanmu mutqin, pahamilah seluruh kandungannya, kembangkanlah ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu alam yang Qur’ani (Islami). Jadilah generasi yang percaya diri memimpin umat dengan narasi-narasi Kalam Ilahi. Engkau dilahirkan sebagai pemimpin (leader), bukan sebagai generasi yang ikut-ikutan (follower). Semoga Allah subhanahu wa Ta’ala memberkahi langkah juangmu ke depan.

Kepada seluruh Ayah dan Bunda, secara khusus, kami mengucapkan jazakumullahu khairan (semoga Allah menambahkan kebaikan yang banyak) karena tanpa dukungan Ayah Bunda, program ini tidak akan berjalan sebagaimana yang telah kira rencanakan. Kami juga memohon maaf sebesar-besarnya, jika dalam penyelenggaraan program ini adalah kekurangan dan kekhilafan yang kami perbuat. Semoga Allah subhanahu wa Ta’ala menerima seluruh perjuangan kita dalam mendidik anak-anak yang dititipkan-Nya ke dalam kasih sayang kita.

Demikian sambutan ini kami sampaikan, aqulu qauli hadza wa astaghfirullaha li wa lakum.
Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Dr. H. Wido Supraha, M.Si.
Ketua Badan Penyelenggara
Perguruan Daarul Uluum PUI Majalengka
Periode 2020-2022

https://www.instagram.com/p/CaJZIOKr3ja/
🐦 twitter.com/daarululuum1911
🌐 https://daarul-uluum.sch.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here