TAKLIM ISHLAH GURU

0
46

daarul-uluum.sch.id Istilah Taklim bagi sebagian besar umat islam sudah sangat familiar, hal itu dikarenakan banyaknya kelompok-kepompok pengajian (Taklim) ibu-ibu yang tersebar di setiap desa, komplek-komplek perumahan, sampai daerah perkotaan.  

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata taklim adalah pengajaran agama (Islam). Arti lainnya dari taklim adalah pengajian. (dikutip dari: kbbi.lektur.id/taklim). Sedangkan kata ishlah disini, diambil dari kata Ishahu Tsamaniyah yang artinya delapan pokok perbaikan, yang menjadi pedoman pelaksanaan ajaran agama islam bagi warga PUI.

Taklim Ishlah adalah salah satu program pemberdayaan, yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas SDM warga PUI, baik yang berkhidmat dalam organisasi PUI maupun Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berada di bawah naungan organisasi PUI.

Lihat Juga : https://daarul-uluum.sch.id/halal-bihalal-1444-h-murid-daarul-uluum-pui-majalengka/

Taklim Ishlah Guru wajib dilaksanakan oleh seluruh guru madrasah PUI.  Taklim Ishlah Guru di Perguruan Daarul Uluum PUI Majalengka dibagi ke dalam 10 kelompok taklim, yaitu 4 kelompok taklim Guru Pria dan 6 kelompok taklim Guru Wanita. Anggota kelompok berkisar antara 6 sampai 13 anggota. Setiap kelompok dipimpin oleh seorang Mushlih yang diberi amanah untuk menyampaikan Materi Taklim. Terdapat pula Taklim Ishlah Akbar dimana pelaksanaan taklim seluruh guru digabungkan. Materi pada Taklim Ishlah Akbar disampaikan oleh Ketua Badan Penyelenggara Perguruan.  

Materi Utama Taklim Ishlah Guru adalah tentang Ke-PUI-an, yaitu sejarah organisasi PUI, pemahaman Intisab, serta pengamalan Islahu Tsamaniyah dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu ada pula materi tambahan yaitu Update Berita Nasional. Tahun Ajaran 2023-2024 ini Taklim Ishlah Guru dilaksanakan pada setiap hari Jum’at, Pukul 13.30. (Humas DU, Agustus 2023)

INFORMASI PPDB

Info Pendaftaran

  • Ustdz Argo 089506669771
  • Ustdz Fikri 082210143134

Follow @daarululuum1911

#daarululuummjlk#pondokpesantren#pesantren#santri#sekolahmjl#pui#abdulhalim#ppd