Daarul-Uluum.sch.id Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Madrasah Daarul Uluum PUI Majalengka berlangsung dengan tertib dan lancar. Seluruh siswa peserta asesmen mengikuti kegiatan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, dengan didampingi pengawas ruang yang memastikan jalannya asesmen berjalan sesuai prosedur. Pengawas tidak hanya berperan menjaga ketertiban, tetapi juga memberikan arahan teknis kepada peserta didik agar dapat mengakses soal dengan benar serta menjaga suasana ruang tetap kondusif.
Baca Juga : Menjadi Sosok Pendidik Mushlih Muntasib Beradab Mulia
Dalam pengawasan kali ini, pengawas Pendidikan Madrasah menekankan pentingnya kejujuran peserta dalam mengerjakan soal asesmen. Setiap kendala teknis, seperti jaringan maupun perangkat, dicatat dan dilaporkan secara langsung kepada panitia untuk segera ditangani. Dengan adanya pengawasan yang ketat dan profesional, pihak madrasah berharap pelaksanaan ANBK dapat menghasilkan data yang akurat mengenai mutu pendidikan, sehingga menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Daarul Uluum PUI Majalengka
Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk mengukur mutu pendidikan di Indonesia melalui sistem ujian berbasis komputer. ANBK tidak menilai prestasi individu siswa seperti Ujian Nasional, melainkan menilai kualitas sekolah secara keseluruhan dengan tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan numerasi, Survei Karakter yang menggali nilai-nilai dan sikap peserta didik sesuai Profil Pelajar Pancasila, serta Survei Lingkungan Belajar yang menilai iklim dan kondisi pembelajaran di sekolah. Hasil ANBK digunakan sebagai dasar perbaikan proses pembelajaran dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Baca Juga : LOMBA KHAS 17-AN PADA HUT RI KE-80 TAHUN 2025
Pengawas Pendidikan Madrasah pada ANBK bertugas memastikan pelaksanaan asesmen di madrasah berjalan lancar, tertib, dan sesuai prosedur yang berlaku. Mereka berperan mengawasi peserta didik agar mengerjakan soal secara jujur dan mandiri, sekaligus memberikan pengarahan awal mengenai tata cara asesmen berbasis komputer. Selain itu, pengawas juga harus menjaga kondisi ruang asesmen tetap kondusif, memantau kelancaran teknis perangkat maupun jaringan, serta melaporkan setiap kendala yang terjadi kepada panitia. Dengan demikian, pengawas di madrasah berfungsi sebagai penjamin integritas dan kelancaran asesmen sehingga hasil ANBK dapat mencerminkan mutu pembelajaran secara objektif.